;">
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA

Kamis, 24 November 2016

kritik Herbert Marcuse atas selubung Ideologis di balik rasionalitas manusia

Marcuse dalam salah satu essainya yang terdapat dalam bukunya Negations, menulis sebuah sebuah essai denga judul "Industrialization and Capitalism in Max Weber". Ia merumuskan unsur-unsur yang merupakan ciri konsep rasio Max Weber. Adapun ciri-ciri tersebut adalah :
pertama, adanya matematisasi yang progresif terhadap pengalaman dan pengetahuan, suatu matematisasi yang berawal dariilmu-ilmu alam dan keberhasilannya yang luar biasa pada ilmu dan segenapaspek kehidupannya (perhitungannya yang bersifat universal).
keduan, adanya desakan tentang pentingnya pengalaman rasional dan bukti-bukti rasional dalam organisasi ilmu seperti halnya dalam segenap aspek kehidupan itu. 
ketiga, ada hasil dari organisasi ini yang sangat menyakinkan bagi Weber, yaitu kejadian dan kesatuan suatu hal yang universal, organisasi formal yang telah terlatih secara teknis menjadikan kondisi seluruh eksistensi kita tak dapat tertangani secara mutlak (Marcuse, 1968:204).
Marcuse juga menganggap bahwa konsep rasio weber telah mengakibatkan rasio bergeser menjadi semata-mata formal. "formal" yang dimaksud adalah sebagai abstraksi yang semata-mata mempertimbangkan aspek lahiriahnya saja yang tidak mempermasalahkan isinya. Rasionalitsas formal ini semata-mata hanya berusaha melancarkan suatu tujuan dengan semata-mata mengacu pada efisiensi sebagai tujuan utama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar