;">
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA

Senin, 24 Oktober 2016

PENGERTIAN FILSAFAT PENDIDIKAN

Tujuan pendirian negara indonesia beserta perangkat yang menyokongnya, didasari niat baik untuk meningkatkan kecerdasan warga negara. istilah "mencerdaskan kehidupan bangsa" mengandung arti adanya upaya mengubah sesuatu yang "tidak atau kurang cerdas" menjadi "lebih cerdas". kecerdasan itu tidak bersifat individual atau sosial, tetapi melingkupi kecerdasan dalam kehidupan kebangsaan.
pengubahan kondisi dari "tidak cerdas" menjadi "cerdas" adalah makna esensial dari proyek pendidikan bangsa ini. negara memiliki maksud kehidupan bangsa ini menjadi lebih cerdas, lebih berbudaya, dan lebih sejahtera. maksud tersebut kemudian diperjelas di dalam UUD 1945 yang menyatakan bahwa Pemerintah memiliki kewajiban membiayai setiap warganegaranya dalam hal pendidikan dasar. pemerintah juga wajib menyelenggarakan sebuah sistem pendidikan nasional guna meningkatkan kecerdasan dan ketaqwaan.
secara singkat filsafat pendidikan dapat dimengerti sebagai kajian filosofis tentang asumsi-asumsi dasar, konsep, prinsip-prinsip, hingga kategori di dalam penyelenggaraan pendidikan. penddikan dilihat bukan sekedar sebgai konsepsi apriori, tetapi sebagai langkah-lagkah aposteriori yang melibatkan fakta-fakta empiris. karena itu, filsafat pendidikan aalah sebuah upaya pemeriksaan yang menyeluruh terhadap hal-hal utama didalam pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar