;">
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA

Sabtu, 24 Desember 2016

contoh tugas membuat metodologi penelitian

Nama : Susi Susilawati
NIM    : 2290150014
Pendidikan sosiologi 2015

BAB III
METODE PENELITIAN
3.1. Metodologi peneltian
Pengertian metodologi menurut The Liang Gie dalam Suharyono dan Aminen (2013: 65) bahwa:
“Metodologi diartikan sebagai ilmu tentang metode, studi tentang metode, khususnya metode ilmiah, yaitu cara-cara yang dipakai untuk mengejar suatu bidang ilmu. Metodologi diartikan pula sebagai studi mengenai asas-asas dasar dari penyelidikan, seringkali melibatkan masalah-masalah tentang logika, penggolongan dan asumsi-asumsi dasar. Selanjutnya juga diartikan sebagai analisis dan pengaturan secara sistematis mengenai asas-asas dan proses proses membimbing suatu penyelidikan ilmiah, atau yang menyusun struktur dari ilmu-ilmu khusus secara lebih khusus”.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Menurut Arikunto (2010:3) :
“Penelitian deskriptif adalah penelitian yang dimaksudkan untuk menyelidiki keadaan, kondisi atau hal-hal lain (keadaan, kondisi, situasi, peristiwa, kegiatan), yang hasilnya dipaparkan dalam bentuk laporan penelitian. Dalam kegiatan penelitian ini peneliti hanya memotret apa yang terjadi pada diri objek atau wilayah yang diteliti, kemudian memaparkan apa yang terjadi dalam bentuk laporan penelitian secara lugas, seperti apa adanya”.
Metode deskriptif dalam penelitian ini adalah dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pandangan mahasiswa FKIP Untirta terhadap UKM L-sip, dan seberapa penting UKM L-sip bagi mahasiswa FKIP Untirta.
3.2. Objek Penelitian
Penelitian dilaksanakan di kampus Untirta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, kampus Untirta ciwaru pda tanggal 19 Desember 2016. Objeknya adalah mahasiswa. Penelitian dilakukan pada waktu ketika mahsiswa sedang tidak ada jam MK.
3.3. Informan penelitian
Mahasiswa FKIP kampus Untira
3.4. Teknik pengumpulan data
wawancara
3.5. Teknik analisis data
o   Reduksi data
Reduksi data merupakan proses pemilihan, pemusatan perhatian, penyederhanaan, pengabstrakan dan transparansi data kasar yang muncul dari catatan lapangan
o   Display data/ sajian data
Sajian data merupakan suatu proses pengorganisasian data sehingga mudah dianalisis dan disimpulkan. Penyajian data dalam penelitian ini berbentuk uraian narasi.
o   Verifikasi dan Kesimpulan
Verifikasi data dan simpulan merupakan langkah ketiga dalam proses analisis. Langkah ini dimulai dengan mencapai pola, tema, hubungan, hal-hal yang sering timbul, kemudian diakhiri dengan menarik kesimpulan sebagai hasil temuan lapangan.
3.6. Lokasi penelitian
Kampus Untirta Ciwaru.
3.7. Jadwal penelitian

Senin, 19 Desember 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar