;">
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA

Sabtu, 24 Desember 2016

Populasi dan Sampel

Populasi dan Sampel
A.    Pengertian Populasi 
Dalam penelitian kualitatif tidak menggunakan istilah populasi, tetapi oleh Spradley dinamakan “social situation” atau situasi sosial yang terdiri atas tiga elemen yaitu, tempat, pelaku dan aktivitas yang berinteraksi secara sinergis
B.     Teknik Pengambilan Sampel
Teknik sampling adalah teknik pengambilan sampel, dan  untuk mennetukan sampel yang kan digunakan dalam penelitian, terdapat berbagai teknik sampling yang digunakan yaitu:
1.      Probability sampling : teknik pengambilan sampel yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur (anggota) populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel. Teknik ini meliputi, simple random sampling, proportionate stratified random sampling, disproportionate stratified random, samplin area (cluster) sampling (sampling menurut daerah).
2.      Non probabilty sampling : teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang atau kesempatan sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sample. Teknik sampel ini meliputi, sampling sistematis, kuota, aksidental, purposive, jenuh, dan snowball.

Jadi, penentuan sampel dalam penelitian kualitatif, dilakukan saat peneliti mulai memasuki lapangan dan selama penelitian berlangsung (emergent sampling desain). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar