;">
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA

Sabtu, 24 Desember 2016

Masalah, Fokus Judul Penelitian, dan Teori Dalam Penelitian Kualitatif

Masalah, Fokus Judul Penelitian, dan Teori Dalam Penelitian Kualitatif
Metode kualitatif disebut metode artistik, karena proses penelitian kualitatif lebih bersifat seni (kurang terpola), dan disebut juga sebagai metode interpretive karena data hasil penelitian lebih berkenaan dengan interprestasi terhadap data yang ditemukan dilapangan.
A.    Masalah dalam Penelitian Kualitatif
Masalah adalah penyimpangan antara yang seharusnya dengan yang terjadi dan data tentang masalah bisa berasal dari dokumentasi hasil penelitian, pengawasan, evaluasi, pengamatan pendahuluan, dan pernyataan orang-orang yang patut dipercaya. Dalam penelitian kualitatif akan terjadi tiga kemungkinanterhadap  “masalah” yang dibawa oleh peneliti dalam penelitian yaitu :
1.      Masalah yang dibawa oleh peneliti tetap, sehingga ssejak awal sampai akhir penelitian sama
2.      Masalah yang dibawa peneliti setelah memasuki penelitian yaitu memperluas atau memperdalam masalah yang telah disiapkan
3.      Masalah yang dibawa peneliti setelah memasuki lapangan berubah total, sehingga harus diganti masalah
B.     Fokus Penelitian
Dalam mempertajam penelitian peneliti kualitatif menetapkan fokus, maksudnya adalah bahwa fokus itu merupakan doamin tunggal atau beberapa doamin yang terkait dari situasi sosial.
Menurut Spradley dalam Sanapiah Paisal (1998) mengemukakan empat alternatif untuk mentapkan fokus yaitu :
1.      Menetapkan fokus pada permasalahan yang disarankan oleh informan.
2.      Menetapkan fokus berdasrkan domain-doamin tertentu organizing domain.
3.      Menetapkan fokus yang memiliki nilai temuan untuk pengembangan IPTEK.
4.      Menetapkan fokus berdasrkan permasalahan yang terkait dengan teori-teori yang telah ada.
C.    Bentuk Rumusan Masalah
Berdasrkan level of explanation suatu gejala, maka secara umum terdapat tiga bentuk rumusan masalah, yaitu rumusan masalah deskriptif, komparatif, dan asosiatif. Dalam penelitian kulaittaif rumusan masalah yang merupakan fokus penelitian masih bersifat sementara dan akan berkembang setelah peneliti masuk lapangan atau situasi sosial tertentu. Sedangkan dalam penelitian kuantitatif, ketiga rumusan masalah tersebut terkait dengan varibel penelitian, sehinggga rumusan masalah penelitian sangan spesifik, dan akan digunakan sebagai panduan bagi peneliti untuk menentukan landasan teori, hipotesis, instrumen, dan teknik analisis data.
D.    Judul Penelitian Kualitatif
Judul dalam penelitian kualitatif pada umumnya disusun berdasarkan masalah yang telah ditetapkan judul penelitiannya harus sudah spesifik dan mencerminkan permaslahandan variabel yang kan diteliti. Judul penelitian kualitatif tentu saja tidak harus mencerminkan permasalahan dan variabel yang diteliti, tetapilebih pada usaha untuk mengungkapkan fenomena dalam situasi sosial secara luas dan mendalam serta menemukan hipotesis dan teori.
E.     Teori Dalam Penelitian Kualitatif
Dalam penelitian kualitatif yang bersifat holistik, jumlah teori yang harus dimilki oleh peneliti kualitatif jauh lebih banyak karena harus disesuaikan dengan fenomena yang berkembang dilapangan. Sedangkan dalam penelitian kuantitaif jumlah teori yang digunakan sesuai dengan jumlah variabelyang diteliti.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar